Ide Reward Pelanggan untuk Program Loyalty di Usaha Kuliner

Dalam industri kuliner yang saat ini semakin kompetitif, banyak dari para pelaku usaha yang hanya fokus mencari pelanggan baru untuk membuat usahanya growth atau bertumbuh. Karena saking fokusnya berusaha untuk mengakuisisi pelanggan baru, banyak dari mereka yang lupa, bahwa pelanggan lama yang loyal pada usaha akan menguntungkan dalam jangka panjang.
Sehingga seringkali para pelaku usaha hanya fokus memberikan benefit atau manfaat untuk pelanggan baru, tanpa mengindahkan pelanggan lama yang loyal pada usaha kuliner yang dibuat. Padahal, pelanggan lama yang loyal ini bisa memberi keuntungan bukan hanya dari jumlah pembelian yang dilakukan loh. Tapi juga bisa menjadi sebuah aset yang berharga untuk bisnis kuliner.
Untuk menjaga loyalitas pelanggan memanglah tidak mudah. Namun, untuk bisa mempertahankan para pelanggan yang loyalitas ini, Anda harus mulai memikirkan hal-hal yang bisa membuat mereka senang. Salah satunya adalah dengan memberlakukan sistem Loyalty yang bisa dilakukan berdasarkan pada poin dan reward.
Namun, jangan asal reward. Pastikan reward yang akan diberikan merupakan sesuatu yang pelanggan suka, juga bisa berdampak baik untuk bisnis Anda. Kira-kira, reward seperti apa yang bisa diterima oleh pelanggan? Yuk simak artikelnya!
1. Gratis Produk Favorit Setelah Mencapai Nominal Tertentu
Salah satu reward yang paling klasik namun tetap efektif untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan produk favorit usaha Anda, atau produk favorit dari pelanggan tersebut.
Misal, Andi telah belanja makanan dan minuman di cafe milik Anda sebesar Rp300,000, karena Andi adalah pelanggan loyal yang telah menjadi member pada Cafe Anda, Andi berkesempatan untuk upsize minuman ke ukuran besar tanpa biaya pada saat itu.
Agar bisa mengetahui frekuensi seorang pelanggan telah mengunjungi usaha kuliner milik Anda, gunakan Restaurant Management System seperti BonApp. Untuk info lebih lanjut, klik di sini.
2. Diskon Eksklusif untuk Member
Diskon atau potongan harga adalah sesuatu yang disukai oleh konsumen. Tentu itu juga akan disukai oleh konsumen Anda, dong. Nah, Anda juga bisa menggunakan diskon khusus untuk member sebagai reward yang menarik untuk program loyalty di usaha Anda.
Contohnya adalah pemberian diskon 30% all food untuk pelanggan yang sudah pernah mendaftarkan diri menjadi member. Dengan begitu, pelanggan Anda yang loyal akan senang, dan memungkinkan mereka untuk menambah jumlah pesanan.
Diskon juga bisa Anda atur nominal maksimal untuk diskon yang diberikan. Nah, dengan RMS BonApp, itu semua menjadi lebih mudah dan efisien loh. Yuk daftarkan untuk melihat demonya di sini.
Pastikan diskon yang kamu berikan tetap menjaga margin keuntungan, atau fokus ke produk dengan biaya produksi rendah tapi margin tinggi.
3. Reward Ulang Tahun Pelanggan
Memberikan hadiah ulang tahun tentu sangatlah disukai oleh semua orang, juga pelanggan Anda. Jika dilakukan, hal ini bisa meningkatkan hubungan emosional antara brand dan pelanggan. Hal ini bisa dianggap sebagai bentuk kepedulian yang dilakukan oleh brand, dan tentu saja hal iini sangat menyentuh!
Sebagai contoh, Anda bisa memberikan free ayam goreng untuk pelanggan yang sedang berulang tahun saat itu dengan menunjukan KTP atau kartu identitas lainnya. Itu tentu akan memberi persepsi yang baik di benak pelanggan.
4. Reward Khusus Referral
Sudah tahukah Anda? Jika pelanggan loyal adalah sebuah aset berharga untuk usaha kuliner Anda. Bukan karena pelanggan loyal selalu membeli menu yang ada pada usaha Anda, pelanggan loyal juga bisa menjadi agen pemasaran terbaik Anda, loh.
Untuk program loyalty, Anda bisa memberikan reward berupa makanan atau produk Anda sendiri kepada pelanggan loyal yang bisa membawa orang lain untuk datang ke usaha milik Anda.
Contoh, setiap ada member yang berhasil membawa temannya hingga bisa menjadikan temannya, maka member akan otomatis mendapatkan diskon hingga 20ribu.
5. Produk atau Layanan Eksklusif (Member-Only Rewards)
Memberikan akses khusus kepada pelanggan loyal bisa menciptakan rasa eksklusivitas dan kebanggaan tersendiri. Pelanggan akan merasa lebih dihargai karena mereka mendapatkan perlakuan yang berbeda dari pelanggan biasa. Hal ini bisa membangun kedekatan emosional dan menciptakan pengalaman yang lebih personal antara brand dengan pelanggan.
Sebagai contoh, Anda bisa menyediakan menu spesial yang hanya bisa dibeli oleh member tertentu, misalnya pelanggan dengan status Gold atau Platinum. Atau, bisa juga memberikan akses early access ke promo terbatas, tempat duduk prioritas saat restoran ramai, atau kesempatan ikut event eksklusif yang hanya diadakan untuk komunitas pelanggan setia Anda.
Member-only rewards seperti ini tidak hanya membuat pelanggan ingin terus kembali, tapi juga mendorong mereka untuk naik level dalam program loyalty agar bisa menikmati semua keuntungan spesial tersebut.
Saatnya Memberikan Reward yang Tepat Untuk Usaha Kuliner Anda
Menentukan reward untuk program loyalty usaha kuliner bukan sekadar soal “bagi-bagi gratisan”, tapi bagian dari strategi jangka panjang yang bisa berdampak besar untuk bisnis Anda.
Reward yang tepat bukan hanya mendorong pelanggan untuk datang kembali, tapi juga bisa meningkatkan nilai transaksi sekaligus membangun hubungan emosional yang kuat antara brand dan pelanggan.
Karena itu, penting banget untuk memilih jenis reward yang benar-benar relevan dengan karakter pelanggan Anda. Jangan asal bikin program loyalty atau asal kasih reward—kalau nggak tepat sasaran, bisa-bisa programnya malah nggak efektif dan buang-buang waktu (dan biaya!).
Supaya program loyalti berjalan lancar, pastikan Anda menggunakan sistem yang mudah dipahami, gampang dioperasikan, dan jelas dari segi pelaporan. Dengan platform seperti BonApp, Anda bisa mengelola loyalty program dengan praktis. Mulai dari pengumpulan poin, pengaturan reward, hingga analisis performanya.
Yuk, optimalkan bisnis kuliner Anda dengan sistem loyalty yang tepat bersama BonApp. Cari tahu lebih lanjut di sini.